Tuesday, July 9, 2013

street fotografi

Mulai dari googling fotografer street sampai mencari e-book tentang street.aku dapati 2 nama fotografer yang membuat aku tertarik dengan street photography, yaitu Henri Cartier Bresson dan Trent Parke.memang power gila diorang punya hasil.merekalah yang menginspirasi aku untuk mendalami street photography.
Tidak ada definisi khusus yang membahas apa itu street photography. Jika dilihat dari terminologi bisa dikatakan aktifitas motret di jalanan. Setiap orang yang melakukan street photography pasti memiliki ketertarikan tersendiri akan suatu hal. Ada yang mencuba menangkap ekspresi spontan di jalanan, ada yang tertarik dengan urban lanscape, ada yang tertarik dengan fashion di jalanan, ada yang tertarik dengan still life di jalanan, ada yang tertarik dengan bahasa tubuh di jalanan, ada yang tertarik ama bayangan dan masih banyak lagi.

Jika dikaji dalam segi visual, foto-foto street bisa dimasukkan sebagai salah satu medium untuk menyampaikan sebuah pesan, medium untuk mengabadikan suatu perubahan di sebuah tempat, sebagai bukti otentik sejarah suatu wilayah, sebagai medium perekam aktifitas manusia dalam kesehariannya. Apa yang terjadi di jalanan merupakan sebuah aktifitas sosial yang kelak suatu saat menjadi bersejarah. Hal ini di lakukan oleh Henri Cartier Bresson, dimana dia menggunakan pendekatan street untuk mengabadikan dan merekam sejarah perkembangan kota Paris dan juga kota-kota lainnya yang pernah dia kunjungi.

Dan aku rasa tak salah kalau kita ambil apa yang baik,dan manafaat pada islam,banyak kota-kota islam didunia yang tengelam dari mata dunia.kalau setiap orang peka.aku rasa orang islam pun boleh hasilkan seni foto yang indah giler.bila manusia tengok,dapat tuhan.sebab yang menjadikan bumi kan ALLAH.^^

No comments:

Post a Comment